RSS

Jumat, 29 Januari 2010

Belajar dari Prinsip Orang Kaya sebelum Ia Menjadi Kaya

Sebelum membahas bagaiman semua orang bisa kaya, kita harus sepakat terlebih dahulu mengenai definisi kaya. Kaya adalah relative. Sebagian orang merasa kaya ketika mempunyai sepuluh juta rupiah. Sebagian orang merasa tidak kaya walaupun sudah memiliki sepuluh miliar rupiah. Menurut majalah Forbes orang kaya adalah mereka yang sekurang-kurangnya mempunyai penghasilan 1 juta dolar Amerika setahun.



Robert T. Kiyosaki memiliki pendapat lain. Dia mengutip dari gurunya Buckminster Fuller dan mengatakan bahwa orang kaya tidak diukur dari berapa besar active income. Orang disebut kaya apabila passive income-nya lebih besar daripada biaya hidupnya. Yang dimaksud passive income di sini adalah uang yang masuk tanpa harus bekerja.

Sebagai ilustrasi dikemukakan Mike Tyson. Dia menghasilkan US$ 300 juta sewaktu bertinju, tapi di tahun 2004 dia dinyatakan bangkrut dan masih punya utang sebesar US$35 juta. Karena itu, Mike Tyson tidak digolongkan sebagai orang kaya. Termasuk pula dalam kategori orang yang tidak kaya adalah orang yang punya penghasilan US$ 1 juta setahun namun pengeluarannya US$ 1,2 juta setahun.

Anthony Robbins mempunyai pendapat lain lagi. Baginya ada enam tahap, yaitu :

1.Financial Protection adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum, untuk 2 bulan sampai 24 bulan tanpa harus bekerja.

2.Financial Security adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan di bawah ini tanpa harus bekerja lagi, kecuali bila kita memilih untuk bekerja. Kebutuhan tersebut adalah : 1) angsuran rumah, 2) biaya makan, 3) listrik, gas dan air, 4) transportasi, 5) asuransi, dan 6) pajak (contoh: pajak bangunan).

3.Financial Vitality adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mencapai investasi cukup banyak yang relative aman, dan hasilnya tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pada tingkat Financial Security melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan di bawah ini, tanpa harus bekerja, kecuali bila kita memilih untuk bekerja. Kebutuhan tersebut adalah: 1) pendidikan anak, 2) kebutuhan hiburan atau entertainment (minimal 50% dari yang kita nikmati sekarang), 3) membeli baju baru atau satu-dua barang mewah yang masuk akal.

4.Financial Independence adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mencapai investasi cukup banyak yang relative aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup persis dengan gaya hidup kita yang sekarang. Tanpa harus bekerja lagi seumur hidup kita. Dengan kata lain kita bebas tidak bekerja.

5.Financial Freedom adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mencapai investasi cukup banyak yang relative aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan.




6.Absolute Financial Freedom
adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mencapai investasi cukup banyak yang relative aman, dank arena itu kita yakin bahwa kita bisa melakukan secara nyata apa pun yang kita inginkan, kapan pun yang kita inginkan, ke mana pun kita inginkan, dengan siapa pun yang kita inginkan, sebanyak dan selama yang kita inginkan, dalam cara yang membuat kita dan orang lain berdaya, selamanya.

Saya pribadi sepakat bahwa definisi kaya adalah mempunyai passive income lebih besar daripada gaya hidup yang kita inginkan.
Belajar dari Prinsip Orang Kaya sebelum Ia Menjadi Kaya adalah mengenali apa itu kaya, siapa itu sebenarnya si Kaya?? Lantas jika Kamu menginginkan untuk dapat hidup Kaya, Apakah definisi Kaya menurut Anda??



0 komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment